Halaman

Senin, 19 Oktober 2020

Belajar Menyenangkan dengan Edugame

 

Suatu pagi yang biasanya didepan rumah hiruk pikuk dengan kegiatan orang-orang di lingkungan saya, pagi ini tak seperti biasanya, tak ada hiruk pikuk yang ku temui, hening dan tanpa keramaian. Semua kegiatan dilakukan dalam rumah, hanya terdengar samar-samar suara saling bersahutan lalu menghilang entah kemana.

Pagi itu, saya berkunjung ke rumah tetangga sekedar ingin menyuguhkan buah tangan. Dari pintu depan saya mendengar Ibu dan anak itu saling mengeluarkan pendapat. "Kenapa guru mu ini ba kasi tugas terus setiap hari, persis mama ini guru sekolah ba ajar terus kamu tiap hari" disambung oleh si anak "jawabkan saja saya mama, supaya cepat di kumpul itu PR", setelah itu hening.

"Assalamualaikum.." saya memecah keheningan dan dipersilahkan masuk oleh si anak, benar saja si ibu anak itu sedang sibuk mengerjakan PR anaknya. Kehadiran saya menghentikan sejenak aktivitasnya. saya mulai membaur dan mendengarkan celotehnya. 



Saya mulai memperkenalkan Apa itu Rumah Belajar, karena anaknya masih berada pada jenjang SD saya memperkenalkan Fitur Edugame. Pada fitur edugame ini, ada banyak game didalamnya yang biasa dimainkan sambil belajar. 



Salah satu contoh yaitu Menangkap Balon. Game ini mengajarkan kepada pemainnya untuk bisa mengurutkan bilangan satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan. Mengurutkan bilangan ini juga terdiri dari 2 cara yaitu mengurutkan bilangan terkecil ke bilangan terbesar dan sebaliknya mengurutkan bilangan terbesar ke bilangan terkecil.  

Selain game ini masih banyak game lainnya yang akan mengajarkan peserta didik untuk bermain sambil belajar, dalam bermain peserta didik juga bisa sekaligus belajar sesuai dengan materi yang disajikan dalam permainan tersebut. Guru bisa memanfaatkan fitur edugame ini untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. 


Sumber :

https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame/Game/Play?url=game%2FMenangkap%20Balon%2F

https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame/Home/ListGame


0 komentar:

Posting Komentar